Rabu, 01 November 2023

Alat Input Komputer

Alat input komputer adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data secara langsung ke sistem komputer tanpa perlu diterjemahkan oleh operator. Sehingga, risiko kesalahannya yang terjadi akan sangat kecil, dan waktu masukannya pun relatif lebih cepat.

Sesuai dengan namanya, perangkat input tidak langsung adalah perangkat yang memasukkan datanya dari luar komputer secara tidak langsung. Artinya data tersebut perlu dibaca atau diketik terlebih dahulu secara manual, sehingga membuat risiko kesalahannya pun cukup tinggi.

Beberapa contoh perangkat input pada komputer antara lain: keyboard, perangkat piranti (mouse, touchpad, touchscreen, trackball, lightpen), microphone, scanner, web cam, dan lain-lain.

1. KEYBOARD


Foto asli Keyboard dari Laptop Anis Setyono

Foto dari Laptop Anis Setyono

Keyboard terdiri dari tombol-tombol yang difungsikan untuk memasukkan perintah perintah ke dalam sistem komputer. Keyboard atau papan ketik merupakan perangkat input komputer untuk memasukkan data berupa huruf, angka, simbol, dan lain sebagainya. Selain itu, keyboard juga dilengkapi dengan beberapa tombol lain yang memiliki beragam fungsi berbeda untuk memasukkan perintah pada komputer.


2. TOUCHPAD

Foto dari Laptop Anis Setyono

Touchpad adalah perangkat input yang terintegrasi pada laptop atau komputer portabel lainnya. Touchpad berfungsi sebagai pengganti mouse eksternal dan memungkinkan pengguna untuk mengontrol kursor pada layar dengan menggunakan gerakan jari.


3. MOUSE

Foto diambil dari Google


Mouse (Tetikus) merupakan sebuah perangkat komputer yang berbentuk kecil (seperti tikus) dan pas untuk digenggam tangan. Sementara itu fungsi perangkat input Mouse digunakan untuk menunjukkan posisi kursor pada layar. Dengan kursor yang muncul di layar tersebut, kamu bisa dengan mudah mengarahkan kursor menggunakan mouse untuk memilih opsi-opsi yang ada pada tampilan monitor. Selain itu, mouse juga dilengkapi dengan beberapa tombol yang sering disebut sebagai tombol (klik), yaitu klik kanan dan klik kiri. Kedua tombol klik pada mouse tersebut tentu memiliki fungsi yang berbeda, dimana klik kiri memiliki fungsi seperti tombol Enter, sedangkan klik kanan biasa digunakan untuk memunculkan menu. Tidak hanya tombol klik kanan dan klik kiri saja, namun beberapa mouse juga dilengkapi dengan scroll, dan beberapa klik tambahan pada mouse gaming macro.


4. MICROFONE

Foto diambil dari Google

Mikrofon adalah perangkat input komputer yang berfungsi untuk memasukkan suara kedalam komputer tersebut.

Dengan adanya mikrofon pada komputer, kamu bisa melakukan komunikasi dua arah seperti melakukan panggilan suara atau panggilan video.

Selain itu, mikrofon juga sering digunakan untuk merekam suara di komputer untuk berbagai keperluan. Misalnya saja saat hendak melakukan live streaming atau mengobrol melalui Dicord dan sebagainya.




Selain beberapa contoh di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi perangkat input yang biasa dipasangkan pada perangkat komputer, laptop, tablet PC, maupun HP.

Sehingga bakal semakin membantu dalam mengoptimalkan aktivitas harian.

Semoga Bermanfaat.

Referensi : 15+ Perangkat Input pada Komputer & Fungsinya Terlengkap - Qwordshttps://youtu.be/eL-F13KesVY?si=XotpSTCUPmqx-X-T






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen Sistem Informasi

Foto dari Google Pengertian Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem untuk membantu perusahaan dalam mengelola, menyimpan, mengambil, ...