Rabu, 01 November 2023

Manajemen Sistem Informasi

Foto dari Google

Pengertian Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem untuk membantu perusahaan dalam mengelola, menyimpan, mengambil, dan menganalisis informasi untuk mendukung proses pengambilan keputusan manajemen. Pelajari apa itu Sistem Informasi Manajemen, fungsi, dan contohnya di artikel kami berikut ini.

Sebuah perusahaan harus memiliki sistem informasi manajemen yang baik agar bisa terus bersaing di era digital seperti sekarang ini. Dengan hadirnya sistem informasi manajemen, perusahaan menjadi lebih mudah untuk membuat perencanaan serta mengambil keputusan secara tepat dan akurat.

Tanpa kita sadari, sebenarnya sistem manajemen sudah sering kita aplikasikan di kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah ketika Anda mengatur keuangan rumah tangga, membuat daftar prioritas kegiatan, dan masih banyak lagi. Karena saat ini kita sudah memasuki era digital, maka sistem manajemen yang kita gunakan tersebut sudah dikembangkan dengan sentuhan teknologi. Hal inilah yang membuat sistem manajemen berkembang menjadi sistem informasi manajemen untuk mengolah data dari informasi yang tersedia.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Secara garis besar, pengertian Sistem Informasi Manajemen adalah sistem informasi yang digunakan untuk mengambil keputusan, mengkoordinasi, mengontrol, menganalisis, serta memvisualisasi suatu informasi dalam perusahaan. SIM atau Sistem Informasi Manajemen ini terdiri dari hardware maupun software yang berfungsi sebagai dasar operasi suatu perusahaan.

Cara kerja Sistem Informasi Manajemen adalah dengan mengumpulkan data-data dari beberapa sistem online untuk dianalisis, kemudian SIM akan melaporkan hasil analisis tersebut membantu manajemen mengambil keputusan, membuat perencanaan, atau memecahkan suatu masalah. Contoh Sistem Informasi Manajemen ada beragam. Beberapa di antaranya seperti Executive Support System (ESS), Enterprise Resource Planning (ERP), dan masih banyak lagi.

Fungsi Sistem Informasi Manajemen

SIM diterapkan dalam suatu perusahaan karena beberapa fungsi utamanya, seperti :

1. Dapat meningkatkan produktivitas kerja serta menghemat biaya operasional dalam perusahaan atau organisasi.

2. Membantu pihak manajemen untuk membuat perencanaan, pengawasan, pengarahan serta pedelegasian pekerjaan untuk semua anggota tim melalui hubungan satu komando atau koordinasi.

3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas data yang tersaji secara real time dan lebih akurat.

4. Sistem informasi manajemen yang baik juga akan meningkatkan sumber daya manusia menjadi lebih berkualitas karena sistem kerja menjadi terkoordinir dan sistematis.





Referense : Sistem Informasi Manajemen : Pengertian, Fungsi, dan Contohnya (logique.co.id)https://youtu.be/GZWB7KuKsNw?si=czrPp046uiELk5U0
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen Sistem Informasi

Foto dari Google Pengertian Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem untuk membantu perusahaan dalam mengelola, menyimpan, mengambil, ...